Tips SMS Marketing untuk Bisnismu

  • SMS

SMS masih menjadi salah satu media komunikasi yang paling banyak digunakan. Meskipun saat ini kehadiran instant messaging seperti WhatsApp, Line, hingga Telegram lebih mendominasi sebagai media komunikasi, namun SMS ini seringkali digunakan orang-orang dalam situasi penting. Apalagi belakangan ini WhatsApp seringkali mengalami gangguan karena server down. Sehingga orang-orang yang terbiasa menggunakan WhatsApp terpaksa beralih ke SMS sebagai alat komunikasi.

 

Dengan SMS, orang tidak perlu menggunakan paket data maupun Wifi untuk bisa mengakses pesan yang masuk. Cukup dengan nomor HP, seseorang sudah bisa mengakses pesan yang dikirimkan ke nomornya. Apalagi di Indonesia ini, belum semua orang memiliki koneksi lancar internet. Mungkin di kota-kota besar, internet sudah mudah sekali didapatkan. Baik dari paket data dari provider internet maupun menggunakan Wifi publik. Namun di daerah-daerah terpencil, akses internet masih susah sekali. Jika dalam kondisi begitu, maka SMS maupun telpon lah yang bisa diandalkan.

 

SMS ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai suatu strategi pemasaran. Cara memasarkan produk melalui SMS disebut juga dengan SMS Marketing. Cara kerja SMS Marketing yaitu dengan mengirimkan pesan ke banyak kontak sekaligus dalam satu waktu. Pesan tidak dikirimkan satu per satu (manual). Namun dikirimkan secara serentak dalam satu waktu. Sehingga SMS Marketing bisa menjadi channel marketing yang efektif dan efisien.

 

Namun sebelum Anda menggunakan SMS Marketing untuk mempromosikan bisnis Anda, maka perlu simak tips-tips berikut agar hasil SMS Marketing yang Anda jalankan lebih maksimal.

 

  1. Persiapkan Kontak Sesuai Target    

 

Kontak atau nomor ponsel adalah hal paling penting yang perlu disiapkan secara matang. Anda bisa menyiapkan hingga ribuan kontak sekaligus untuk menjangkau banyak orang. Jika Anda sudah memiliki bank data kontak customer sebelumnya, mungkin bisa menggunakan data itu kembali untuk SMS Marketing. Anda bisa memberikan potongan harga kepada customer lama Anda.

 

Namun jika Anda ingin mendatangkan leads baru yang berpotensi menghasilkan konversi, maka sebaiknya Anda mencari kontak yang kira-kira sesuai target market Anda. Dengan begitu, penerima SMS Marketing untuk tertarik dengan apa yang Anda tawarkan juga akan semakin besar.

 

  1. Buat Pesan yang Singkat, Padat, Jelas

Kesalahan banyak orang ketika membuat SMS Marketing adalah terlalu banyak hal yang disampaikan pada pesan yang dikirimkan. Sehingga penerima pesan merasa bingung dengan pesan yang ingin disampaikan. Buatlah pesan yang hanya menjelaskan satu hal saja. Karena formatnya adalah SMS, maka Anda harus sadar bahwa teks yang bisa Anda kirimkan juga terbatas jumlahnya.

 

Untuk memberikan penekanan pada pesan yang ingin disampaikan, maka jangan ragu untuk menggunakan huruf besar. Itu membantu penerima pesan langsung fokus ke maksud pesan yang dia baca. Jika memang Anda butuh menyampaikan banyak hal, maka jangan ragu untuk menyisipkan link atau mencantumkan nomor agar penerima SMS bisa mendapatkan informasi lebih lengkap

 

 

  1. Gunakan Sapaan Agar Lebih Dekat

Agar SMS yang dikirimkan tidak terkesan hanya promosi dan dianggap sampah, maka ketika menulis SMS jangan ragu untuk menambahkan Kata sapaan. Tak perlu terlalu akrab karena bisa jadi SMS yang Anda kirimkan malah dianggap penipuan. Cukup sisipkan sapaan yang general seperti Ibu/Bapak, Kakak, Mas/Mbak, Bro/Sist. Kata-kata sapaan tersebut bisa meningkatkan kedekatan antara pengirim pesan dengan penerima pesan. Jika sudah ada ikatan emosional, maka semakin mudah juga penerima pesan untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

 

  1. Sertakan Call to Action hingga Limitasi Waktu

 

Call to Action (CTA) merupakan kalimat perintah yang ada di akhir penawaran. Cara ini seringkali digunakan dalam konten-konten marketing. Tujuannya adalah untuk men-trigger penerima pesan agar segera bertindak sesuai keinginan pembuat pesan. Contoh CTA ini seperti “Beli Sekarang!”, Klik link di bawah!”, “Ambil Diskonnya Sekarang!” dan masih banyak lagi contoh CTA lainnya.

 

Selain itu ketika Anda membuat SMS Marketing dengan tujuan promosi, jangan lupa untuk membuat limitasi waktu. Gunanya yaitu agar penerima pesan mengambil tindakan sesegera mungkin karena mereka telah dibatasi oleh waktu. Contoh dari limitasi waktu ini seperti, “Hanya Hari Ini !”, “Besok harga naik!”, “Promo cuma 7 hari”, dan masih banyak lagi.

 

Dengan tips-tips SMS Marketing tersebut, Anda bisa membuat SMS Marketing dengan matang dan terencana. Sehingga hasilnya nanti juga akan lebih maksimal.