Contoh Penggunaan SMS Marketing

  • SMS Marketing

SMS Marketing menjadi salah satu alat pemasaran yang efektif. Selain bisa menjangkau banyak orang, SMS Marketing juga bisa menghemat budget promosi. Apalagi jika menggunakan SMS Marketing dengan jenis SMS LBA (Location Based Advertising), maka pengirim pesan bisa menyasar target di lokasi tertentu. Dengan begitu, promosi bisa lebih efektif dan tertarget.

 

Meskipun menjadi alat pemasaran yang efektif dan memiliki berbagai macam keunggulan, namun belum banyak pelaku bisnis yang menggunakan SMS Marketing sebagai alat untuk melakukan promosi. Padahal, jika mau mencoba metode pemasaran ini, SMS Marketing bisa mendatangkan customer baru yang berpotensi meningkatkan penjualan.

 

Lalu bisnis seperti apa yang cocok untuk menggunakan SMS Marketing?

Sebenarnya tidak ada kaidah baku dan pembatasan tentang bisnis yang cocok menggunakan SMS Marketing. Karena kita belum tahu hasil dari suatu kampanye marketing, sebelum benar-benar mencobanya. Namun yang seringkali menggunakan SMS Marketing adalah orang-orang yang berbisnis di bidang jual beli ruko, jual beli tanah, bisnis jasa, bisnis catering, bisnis kuliner, hingga beragam jenis bisnis lainnya. Bahkan pengguna SMS Marketing ini bukan hanya usaha-usaha kecil dan menengah saja. Banyak brand-brand besar yang menggunakan SMS Marketing untuk berbagai macam tujuan. Mulai dari promosi, pemasaran, hingga branding.

 

Kira-kira SMS Marketing bisa digunakan untuk apa saja? Mari simak di bawah ini !

 

  • Untuk Interaksi

Di era ketatnya persaingan bisnis saat ini, wajib rasanya untuk menjaga interaksi dengan calon customer terus menerus. Hal itu bisa membuat bisnis Anda berada di top of mind customer. Sehingga bisnis Anda bisa selalu diingat pelanggan.

 

Bagaimana bentuk SMS Marketing ini untuk interaksi?

 

SMS Marketing interaksi ini bentuknya bisa dalam berbagai macam. Fungsinya yaitu untuk mengakrabkan antara pemilik bisnis dengan customer. Dengan menjalin interaksi, hubungan pun bisa menjadi lebih baik dan customer juga merasa lebih dekat.

 

Contoh SMS Marketing dalam bentuk interaksi yaitu seperti di bawah ini:

 

Halo Kak, Apa Kabar? Kayaknya udah lama gak berkunjung ke RESTOKU. Yuk kunjungi lagi RESTOKU dan dapatkan DISKON 20% khusus buat Kamu!

 

Dari pesan diatas, terlihat di awal kalimat ada interaksi dalam bentuk menanyakan kabar customer. SMS Marketing seperti ini bisa dikirimkan kepada customer lama. Tujuannya adalah untuk mengingatkan mereka kembali melakukan pembelian pada bisnis Anda namun dengan cara yang soft.

 

  • Untuk Promosi

SMS Marketing untuk kebutuhan promosi paling sering kita jumpai. Biasanya dalam SMS Marketing yang bertujuan untuk promosi, akan ada penawaran khusus yang diberikan. Bisa diskon, potongan harga, gratis biaya admin, gratis ongkir, dan gimmick lainnya yang membuat calon customer lebih tertarik.

 

Contoh dari SMS Marketing promosi dapat dilihat di bawah ini :

 

“Nikmati DP Rp.0,- untuk pembelian 1 unit rumah di kawasan Pantai Indah Kapuk. Berlaku HANYA 7 HARI. Pesan sekarang di 0897 567 899”

 

Ketika membuat SMS Marketing untuk promosi, usahakan buatlah pesan yang singkat dan mudah dipahami. Selain itu gunakan penekanan kata-kata untuk mempertegas apa yang dimaksud. Ketika di akhir pesan, jangan lupa menyisipkan Call to Action (CTA). CTA ini berfungsi untuk membujuk customer yang menerima pesan tersebut tergerak untuk melakukan sesuatu. Sehingga hasil dari SMS Marketing juga sesuai dengan yang diharapkan.

 

  • Untuk Notifikasi

SMS Marketing ini juga bisa digunakan sebagai notifikasi. Bisa bermacam-macam bentuk notifikasi yang ingin Anda kirimkan melalui SMS Marketing atau SMS Blast. Mulai dari notifikasi pembukaan cabang baru, informasi pindah lokasi bisnis, hingga ucapan-ucapan spesial di hari besar.

 

Untuk membuat SMS Marketing yang berisi notifikasi, pengirim pesan perlu mengumpulkan terlebih dahulu data kontak yang akan dikirimi pesan. Setelah itu, pesan bisa langsung dikirimkan secara bersamaan sekaligus. Tidak perlu mengirim satu per satu karena dengan adanya teknologi yang semakin canggih, mengirim SMS Marketing bisa ke ribuan kontak sekaligus.

 

Contoh penggunaan SMS Marketing untuk notifikasi :

“INFO : Kini toko cat AWAWAWAW buka cabang di Jl.Pantura. Segera kunjungi dan dapatkan harga spesial selama grand opening!”

Begitulah kira-kira contoh penggunaan SMS Marketing yang bisa Anda gunakan untuk membesarkan bisnis Anda.