Cara Membuat Pesan SMS Marketing yang Ampuh

  • SMS Murah, SMS, SMS Marketing, SMS LBA, SMS Promosi, SMS OTP, SMS Blast, SMS Masking, SMS Broadcast

SMS masih menjadi alat komunikasi yang diandalkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal itu karena akses internet belum bisa dinikmati secara menyeluruh ke penjuru Indonesia. Maka dari itu, untuk memudahkan komunikasi, SMS masih menjadi andalan. Namun apakah SMS juga masih menjadi andalan sebagai channel pemasaran?

 

Ternyata di tahun 2019 ini, SMS masih menjadi pilihan sebagai salah satu alat untuk pemasaran. Pasti Anda juga masih sering mendapatkan SMS promosi dari provider seluler maupun kan? Itu merupakan salah satu bentuk SMS Marketing. Tidak hanya bisnis kecil atau menengah saja yang menggunakan SMS untuk marketing. Namun juga perusahaan-perusahaan besar pun ikut menggunakan SMS sebagai alat untuk promosi. 

 

Banyak sekali keuntungan dari menggunakan SMS Marketing. Mulai dari biaya yang relatif lebih murah dari media promosi lainya, konten promosi yang simpel, hingga bisa menjangkau banyak orang sekaligus. Apalagi jika menggunakan SMS LBA (Location Based Advertising), Anda bisa menarget orang di suatu lokasi sehingga hasilnya akan lebih efektif. SMS LBA ini cocok untuk bisnis Anda yang marketnya di suatu kota tertentu dan sangat spesifik.

 

Meskipun konten iklan untuk SMS Marketing bisa dikatakan lebih simpel daripada konten iklan di media lainnya. Namun harus memperhatikan hal-hal detail agar konten SMS Marketing memiliki daya tarik bagi pembacanya. Jangan sampai SMS Marketing yang Anda kirimkan ke customer malah dianggap spam karena dibuat asal-asalan dan tidak menarik untuk dibaca.

 

Lalu apa saja tips untuk membuat pesan SMS Marketing yang ampuh dan menarik untuk dibaca?

 

  1. Gunakan Sapaan yang Tepat

 

Biasanya, orang akan malas untuk membaca SMS Marketing yang masuk ke handphone mereka. Apalagi jika SMS hanya berisi promosi saja. Dengan banyaknya iklan yang setiap hari berseliweran, pasti penerima pesan akan malas membaca iklan promosi yang dia terima. Namun akan berbeda cerita jika Anda menggunakan cara-cara yang tidak biasa ketika mengirimkan SMS Marketing.

 

Salah satu cara agar SMS Marketing yang Anda kirimkan memiliki nilai lebih untuk pembaca, yaitu gunakan sapaan yang tepat. Sapaan ini membuat penerima pesan merasa lebih dekat dengan pengirim pesan. Namun selalu perhatikan sapaan yang tepat untuk target market-mu. Jika targetnya adalah anak muda atau ibu muda, maka lebih tepat menggunakan sapaan Kakak. Jika targetnya adalah orangtua, maka sapaan bisa diganti dengan Bapak/Ibu. Sapaan lucu seperti Cantik, Sayang, Beb, Bro, Sist juga bisa Anda gunakan ketika akan mengirim SMS Marketing. Asal pastikan bahwa sapaan yang Anda pilih cocok dengan target marketnya atau penerima pesannya.

 

  1. Memberikan Penekanan Pada Beberapa Kata

 

Agar pesan yang Anda sampaikan bisa melekat di benak penerima. Maka perlu beberapa penekanan pada teks yang Anda buat untuk SMS Marketing. Penekanan maksudnya adalah kata-kata yang menurut Anda menjadi kunci dapat ditulis menggunakan huruf besar. Misalnya beberapa kata yang seringkali diberikan penekanan yaitu seperti : DISKON, DIJUAL, CUMA 3 HARI, INFO, dan masih banyak lagi contohnya.

 

Dengan adanya penekanan pada beberapa kata, itu membuat pesan tersebut selalu diingat oleh penerima. Apalagi ketika orang hanya membaca SMS sekilas, pasti kata-kata yang ditulis besar yang hanya diingat. Selain itu, dengan adanya perpaduan kata-kata yang tertulis besar dan kecil membuat pembaca lebih fokus dengan SMS yang sedang dibaca.

 

  1. Singkat, Padat dan Tidak Bertele-Tele

SMS adalah singkatan dari Short Message Service. Maka dari itu penting untuk selalu menjaga agar konten dalam SMS Marketing dapat dibuat sepadat dan sesingkat mungkin. Singkat bukan berarti kata-kata yang ditulis dalam SMS harus disingkat-singkat. Namun meminimalisir kata-kata yang tidak diperlukan sehingga kalimat yang disampaikan tidak bertele-tele.

 

Itulah beberapa tips agar SMS Marketing yang Anda buat hasilnya lebih ampuh dan maksimal. Jangan lupa untuk selalu menyertakan Call to Action (CTA) setiap kali membuat SMS Marketing. CTA ini memang terlihat sepele namun sangat penting. Dengan adanya CTA, penerima pesan jadi terdorong untuk melakukan perintah si pengirim pesan. Sehingga ketika mereka sudah mengambil tindakan yang sesuai dengan harapan pengirim pesan, maka tujuan dari SMS Marketing pun bisa dikatakan tercapai.